Surga Aceh Barat "Masjid Tuha Gunong Kleng"

" Adat ta papah, Pusaka ta jaga"

Assalamualaikum rakan
Saleum budaya
Buat kalian yang suka wisata religi yang dibalut jutaan sejarah yang unik
Aceh Barat bisa jadi rekomendasi tempat wisata terbaik buat kamu. Nah, di Aceh Barat tepatnya di desa Gunong Kleng kec. Meureubo terdapat salah satu mesjid tuha yang bernama Mesjid Tuha Gunong Kleng.
Mesjid tuha gunong kleng berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota.
Mesjid ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri loh, dimana Jumlah kubah masjid tersebut sengaja dibangun sebanyak lima buah, termasuk kubah minaret. Tak hanya sembarangan kubah, Lima kubah tersebut memiliki filosofis tersendiri yang lebih sering disebut 'Tampong limong', yaitu merujuk pada hukum Islam, yakni, syahadat, salat, zakat, puasa, dan berhaji bagi yang mampu.

Selain itu, unik nya lagi setengah bangunan jajar genjang berdinding beton, terbuat dari adonan pasir dan putih telur, dengan ketinggian dari tanah sekitar setengah meter lebih. Selebihnya berdinding papan beratapkan seng (liputan6.com)

Alehnyan, karamah para ulama yang membangun masjid juga dipercaya membuat umur bangunan terjaga. Dimana Masjid tersebut masih kokoh berdiri meski telah berumur hampir 100 tahun sejak 1927 silam, padahal tidak pernah direnovasi, kecuali atapnya.

Kini, tak hanya dipergunakan sebagai tempat ibadah, Mesjid ini juga dianggap memiliki keistimewaan tersendiri dimana banyak masyarakat yang bernazar atau "peleh kaoi"
Dan sampai sekarang mesjid ini juga masih digunakan loh meski sudah ada bangunan mesjid baru yang berdiri kokoh disebelahnya

Well, tunggu apa lagi mari berkunjung ke Aceh Barat dan nikmati keistimewaan serta keunikan wisata dan budayanya

Terimong geunaseh

Komentar

  1. Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Jazakumullah khoir.


    Salam kenal dari kami PabrikJamMasjid.com PabrikJamMasjid.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motivation